Zarnadi.com

Blog yang mebahas informasi seputar bisnis, kecantikan, cinta dan gaya hidup

Tips Trik Android

8 Cara Ampuh Mengatasi HP Android yang Cepat Panas

Melihat 20 tahun yang lalu, alat komunikasi belum secanggih sekarang. Sehingga untuk mengirimkan berita kepada saudara di kota sebelah harus menunggu sehari, dua hari, atau mungkin beberapa jam. Beda banget dengan sekarang. Mau kirim berita, sampai kirim barang bisa secepat kilat. Jika dulu, standar pengiriman barang lewat pos 7 hari, sekarang dengan expedisi umum bisa 1 hari sampai. Jika dulu butuh 3 bulan untuk mengirimkan berita ke Amerika sekarang butuh 2 detik saja.

Salah satunya karena ada teknologi handphone. Pada awal tahun 2000, handphone masih seputar mengirimkan pesan dan juga menelphone saja. Bahkan, sangat sederhana. Batere bisa bertahan berhari-hari. Ada batere handphone mampu bertahan sampai 7 hari. Seiring dengan perkembangannya, layar handphone semakin besar dan fitur semakin canggih, kini batere handphone butuh kapasitas besar. Itupun bertahan 8 sampai 24 jam saja.

Handphone di zaman sekarang, bukan hanya bisa untuk menelphone dan mengirim pesan. Tapi bisa juga untuk memotret, mengirimkan email dan bisa tersambung dengan internet 24 jam full, bahkan bisa tersambung dengan GPS penuh. Pantas jika batere cepat habis. Masalahnya, bukan cuma batere yang cepat habis, tapi juga kadang bisa panas. Iya, beberapa merek bahkan mudah banget panas. Apa sih penyebab dan cara mengatasinya? Baiklah. Sebelum kita share cara mengatasi, ada baiknya saya share dulu penyebabnya. Setuju?

Daftar Penyebab Handphone Cepat Panas

1.Prosesor

Ada yang bilang pemakaian prosesor juga pengaruhnya besar. Misal, dulu sempat ada prosesor intel diklaim membuat handphone cepat panas. Apalagi jika dipakai untuk ngegame. Sehingga, prosesor dianggap sebagai biang kerok utama dari masalah ini. Kalau menurutmu, sobat?

2.Batere Rusak

Logis juga nih. Kalau kamu pakai handphone sudah lebih dari 3 bulan, biasanya batere sudah minta diganti. Makanya, waspada deh jika handphone cepat panas. Bisa jadi batere rusak. Cek coba, bawa ke konter dan minta tolong merek cek.

3.Pemakaian berlebih

Ini juga logis banget. Misal, kamu pakai handphone selama 4 jam, tapi berturut ya, maka handphone akan cepat panas. Contohnya untuk main game atau semisalnya. Jadi, waspada deh, sebab pemakaian berturut ini selain bisa bikin cepat panas juga bisa bikin batere dan motherboard soak dengan cepat.

4.Kebanyakan aplikasi

Ini juga penyabab utama dari pananya sebuah handphone. Wajar sih, memang dengan adanya Android, pengguna sangat dimanjakan. Makanya, nga heran jika sampai saat ini banyak banget kasus hape hank, bahkan panas banget. Ya, karena memang ngga pakai aturan ketika pasang aplikasi, hehee…

5.Signal Tidak Stabil

Jika kamu pergi ke desa atau ke tempat yang ngga ada tower, maka sinyal ngga stabil. Itu pasti. Perlu kamu tahu, ini salah satu penyebab handphone cepet panas. Bisa dimengerti? bisa dong.

Oke, setelah kalian tahu penyebabnya, sekarang kita share cara mengatasi. Menurut admin, ada sekitar 8 cara, bisa jadi lebih sih. Namun yang admin praktekkan ada 8. Dan itu terbukti work. Cek yuk!

Cara Mengatasi Handphone Panas

1.Cek Kabel Charge

Pastikan kamu pakai kabel charge ori, karena jika ngga ori, ngga akan klik dengan kondisi batere dan semisalnya. Inilah salah satu biang kerok yang sering terjadi di lapangan. Dan mirisnya, bahkan mereka ngga peduli. Lebih suka pakai charger non-ori, karena lebih murah. Edan, kan? sayang uang, akhirnya hape yang kena.

2.Jangan Pakai Handphone sambil Dicharge

Ini adalah kelakuan paling gendeng yang sering ada di Indonesia. Di mana orang mudah banget pakai hape sambil dicharge. Padahal sudah banyak banget berita, kalau itu bahaya banget. Selain bisa kena setrum, kalian juga akan rugi karena hape akhirnya mudah panas. Betul ngga?

3.Jangan Taruh dekat atau di Benda Elektronik

Misalnya nih sob, kamu mau istirahat lalu kamu taruh hape di atas CPU komputer, nah ini salah besar sob. Karena ini salah satu penyebab handphone panas. Bahkan bisa berakibat rusak. Jadi, gimana enaknya? taruh pada suhu biasa. Misal di meja atau semisalnya gitu.

4.Minimalkan Aplikasi Tidak Berguna

Jadi begini, misalnya kamu mau pakai aplikasi, mending cek dulu deh penting ngga? kalau ngga penting jangan didownload. Kemudian aplikasi di homescreen juga diminimalkan saja. Ini yang bikin berat dan juga cepat panas. Bisa dimengerti? bisa dong.

5.Bersihkan Chache

Remeh ya? iya, kayaknya remeh banget. Tapi bagaimana coba, jika chache atau sampah ini jadi penyebab handphone kamu hank dan juga panas. Ini fakta, makanya pasang aplikasi pembersih sampah. Jangan dua, satu saja cukup. Oke? rekomend dari admin sih kayak CCcleaner dan semisalnya.

6.Biasakan Mengistirahatkan Handphone

Ketika malam, biasanya aktifitas pemakaian hape jarang banget. Nah, itu saat paling tepat menidurkan hape kamu. Bukan juga manusia, hape juga butuh istirahat. Caranya? lepas batere dari hape kemudian taruh di atas busa. Intinya yang lembut dan bukan bantal ya. Atau bisa meja kayu. Minimal sehari 5 menit, kamu harus lakukan ini pada hapemu.

7.Bersihkan RAM secara berkala

Ini juga ngga kalah penting. Bisa pakai aplikasi seperti RAM Cleaner dan semisalnya. Dengan bersihkan RAM secara berkala berarti kamu sudah menjaga agar hape tetap dingin. Praktek yuk!

8.Cek Batere

Cek juga kondisi batere yang kamu pakai. Kalau memang ksehatannya sudah di bawah 70 persen, ganti saja. Ini cara agar hape kamu ngga mudah panas, lo. Meski bisa sih tunggu kondisi di bawah 55 persen.

Oke, inilah 8 cara mengatasi hape panas. Karena memang di zaman ini banyak banget aplikasi, sehingga ngga mudah untuk menjaga suhu hape tetap dingin. Salah satunya main game. Sebelum membeli, pastikan kamu cek semua spesifikasinya. Semoga bermanfaat. Salam.

Leave A Comment